Monday, February 25, 2013

Bahasa Indonesia Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya.

Bab 3

Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya.

 

Hilangnya Sepeda Cecep

 

Pelajaran olahraga sudah selesai. Semua siswa kelas 5 kembali masuk ke ruang kelas. Bayu masuk paling belakang.

Saat itu, seorang pemuda berkaus biru  datang menghampiri Bayu. Pemuda itu terlihat  gelisah. Tampaknya, is sedang mencari

sesuatu.

"Bang, mau mencari siapa?" tanya Bayu  menegur pemuda itu.

"Em, mau menjemput adik saya," sahut pemuda itu agak gugup.

"Siapa namanya dan  kelas berapa?" tanya

"Ani, kelas satu," jawab pemuda itu.

"Oh, kelas satu sudah pulang sejak jam sepuluh tadi," jelas Bayu.

"0, ya, ya! Saya memang terlambat," jawab pemuda itu ragu-ragu.

Bayu lalu masuk kelas. la heran kepada pemuda aneh tersebut. "Mau menjemput adiknya, kok, datang pukul 11.15. Sudah tahu terlambat, eh, datang juga," katanya dalam hati. Walaupun demikian, is tidak mau berburuk sangka dulu.

Bel tanda usai sekolah berbunyi nyaring. Semua siswa ke luar dari kelas. Dodi, Deni, Dimas, Bayu, Andi, dan Erwin langsung menuju ke sepeda masing-masing. Susi dan Umi dijemput ibu mereka dengan sepeda motor. lin, Popi, Nini, Vita, dan Cindy erjalan kaki.

Tak jauh dari tempat Deni dan Dimas, tampak Cecep mondar-mandir. la seperti mencari sesuatu.

"Cepat, Cep, kita pulang sama-sama!" seru Deni mengajak Cecep.

"Sebentar, Den. Sepedaku, kok, tidak ada? Apa kamu tahu?" tanya Cecep.

"Tidak ada, Cep? Apa kamu tadi lupa menguncinya?" tanya Deni ingin tahu.

"Ah, ya, aku lupa menguncinya!" jawab Cecep dengan suara parau karena menahan  tangis.

Sejenak kemudian, suasana menjadi ribut. Cecep menangis karena sepedanya hilang.

Teman-teman yang sudah sampai di jalan raya, kembali lagi ke sekolah. Mereka ingin tahu apa yang terjadi.

Deni segera memberi tahu Pak Guru. Pak Guru pun datang. la merangkul Cecep dan  menenangkannya. Beliau juga meminta supaya Cecep menghentikan tangisnya. Setelah  agak tenang, Cecep diantar pulang oleh Pak Guru, Deni, Dimas, dan Bayu.

Di rumah Cecep, Pak Guru menjelaskan kejadian yang dialami Cecep kepada ibunya.

Pak Guru meminta maaf karena sekolah tidak aman.

"Pak, Cecep yang salah, Pak. Tadi, Cecep lupa  mengunci sepeda," kata Cecep terbata-bata.

"Sudahlah, memang kamu telah lalai. Akan tetapi, ternyata keamanan di sekolah kita tidak terjamin," kata Pak Guru.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan  ini!

1.      Siapa yang bertemu dengan pemuda berkaus biru?

2.      Pukul berapa pemuda itu datang ke sekolah?

3.      Siapa yang kehilangan sepeda?

4.      Di mana Pak Guru menjelaskan kejadian yang dialami Cecep?

5.      Siapa yang lupa mengunci sepeda?

6.      Mengapa sepeda Cecep dicuri?

7.      Mengapa Bayu tidak melapor kepada gurunya ketika melihat pemuda aneh tersebut?

8.      Mengapa Cecep menangis?

9.      Siapa yang menjelaskan hilangnya sepeda Cecep kepada ibunya?

10.  Apa pendapat Pak Guru tentang peristiwa itu?

 

A.    Menanggapi Persoalan atau Peristiwa

Diskusikan bersama kelompokmu tentang peristiwa “Hilangnya Sepeda Cecep”! Lalu, salah satu wakil

kelompokmu maju ke depan kelas untuk menjelaskan peristiwa itu.

 

B.     Memberikan Tanggapan

Ayo, bekerjalah bersama teman kelompokmu! Berikan tanggapan atas masalah-masalah di bawah ini! Sertakan alasanmu!

 

Contoh :

Masalah          : Beberapa orang laki-laki sedang menebang  pohon di hutan.

Tanggapan     : Saya tidak setuju dengan apa yang    dilakukan laki-laki tersebut.

Alasan            : Penebangan hutan secara sembarangan dapat menyebabkan banjir.

Saran              : Sebaik mereka tidak menebang pohon      dengan sembarangan. Kalau perlu mereka hendaknya menanm pohon untuk keletarian  lingkungan.

 

1.             Masalah  : Banyak siswa yang memarkir sepedanya di tempat yang tidak aman.

Tanggapan : ........................................................

..........................................................................................................................................................

Alasan    : ............................................................

..........................................................................................................................................................

Saran : ................................................................

..........................................................................................................................................................

2.             Masalah  : Sepeda yang hilang di sekolah adalah tanggung jawab siswa sendiri.

Tanggapan : ........................................................

..........................................................................................................................................................

Alasan    : ............................................................

..........................................................................................................................................................

Saran : ................................................................

..........................................................................................................................................................

3.             Masalah  : Sekolah itu tidak memiliki pintu pagar.

Tanggapan : ........................................................

..........................................................................................................................................................

Alasan    : ............................................................

..........................................................................................................................................................

Saran : ................................................................

..........................................................................................................................................................

4.             Masalah  : Semua siswa diwajibkan mengunci sepeda dan memarkirnya di tempat khusus sepeda.

Tanggapan : ........................................................

..........................................................................................................................................................

Alasan    : ............................................................

..........................................................................................................................................................

Saran : ................................................................

..........................................................................................................................................................

5.             Masalah  : Banyak siswa yang tidak memiliki kunci sepeda.

Tanggapan : ........................................................

..........................................................................................................................................................

Alasan    : ............................................................

..........................................................................................................................................................

Saran : ................................................................

..........................................................................................................................................................

 

 

Cobalah kalian cermati permasalahan berikut!

 

Akhir-akhir ini banyak pedagang kecil di pasar-pasar mengeluh. Penghasilan yang didapatkan setiap harinya menurun. Penurunan itu disebabkan oleh adanya beberapa hal, antara lain: maraknya unjuk rasa para buruh di mana-mana; adanya informasi tentang kelangkaan BBM di daerah-daerah; dan sebagainya. Dengan adanya hal tersebut banyak sarana  transportasi yang takut beroperasi. Di samping takut kalau terjebak unjuk rasa, juga takut kalau tidak mendapatkan uang yang seimbang dengan harga bahan bakar.

 

Tanggapan:

Tindakan para buruh yang anarkis itu tidak perlu terulang lagi. Dengan tindakan semacam itu akan merugikan kita sendiri. Begitu pula informasi tentang kelangkaan BBM tidak perlu dibesar-besarkan. Hal itu akan menambah ketakutan masyarakat.

Saran-saran:

Sebaiknya para buruh bisa menyelesaikan masalah itu dengan lebih baik dan santun. Sebab semua permasalahan tidak harus diselesaikan dengan cara-cara anarkis.

Pemerintah harus segera mencari akar permasalahan tentang berkurangnya pemasukan jatah BBM di suatu daerah. Dengan cara itu kelangkaan BBM tidak akan terjadi.

 

Tugas

 

1.       Berkelompoklah, masing-masing kelompok 5 – 7 orang.

2.       Tentukan siapa ketua kelompok yang akan dipercaya memimpin diskusi.

3.       Tentukan siapa yang akan dipercaya untuk menulis hal-hal penting dalam diskusi.

4.       Catatlah semua saran dan tanggapan yang disampaikan anggota diskusi.

5.       Simpulkan tanggapan dan saran yang terjadi dalam diskusi.

6.       Bacakan hasil akhir diskusi di depan kelompok yang lain.

 

 

 

Permasalahan

Sebelum bel berbunyi, seperti biasanya para siswa saling bercerita tentang diri dan pengalamannya. Pagi itu Ani menceritakan pengalamannya pada Rina dan Ririn. Dalam perjalanan ke sekolah Ani melihat kejadian seorang penjual minyak tanah keliling ketika sedang melayani pembeli, tiba-tiba ada orang gila mendekat dan mengangkat satu diregen minyak digunakan untuk mandi. Orang gila itu sambil berteriak-teriak dan tertawa. Melihat kejadian itu orang yang ada di sekitarnya menjadi takut dan panik. Penjual minyak bermaksud mencegah tindakan si gila. Namun penjual itu malah dipukul dengan alat literan yang besar sampai pingsan. Kepala penjual minyak berdarah kemudian dilarikan ke rumah sakit oleh penduduk di sekitar kejadian.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...