Monday, February 25, 2013

Bahasa indonesia kelas 5 menanggapi penjelasan nara sumber

BAB 1

Menanggapi Penjelasan Narasumber

 

A.    Mendengarkan penjelasan narasumber

Pernahkah kalian mendengarkan penjelasan tentang  suatu peristiwa? Orang yang dapat menjelaskan suatu peristiwa itu disebut narasumber.

Pada hari libur kemarin, Desi tinggal di rumah pamannya selama satu Minggu. Paman Intan bernama Joko, ketua kelompok tani di desanya. Pada suatu hari, Desi  bertanya, ”Paman, mengapa petani di sini menanam padi? Mengapa tidak menanam buah atau sayuran?” Pertanyaan Desi tersebut mendapat penjelasan dari pamannya.

”Begini Desi, saat ini musim penghujan. Jadi, persediaan air di desa ini sangat melimpah. Sawah di sini termasuk sawah tadah hujan sehingga air hujan merupakan sumber pengairan yang utama. Nah, selagi air  melimpah, para petani memanfaatkan sawahnya untuk ditanami padi. Padi termasuk tanaman yang membutuhkan banyak air. Jadi, musim hujan begini saat paling tepat untuk menanam padi.

Namun, tidak berarti petani di sini tidak suka menanam sayuran atau buah-buahan. Pada musim kemarau, ada yang menanam sayuran, misalnya, cabai, sawi, terung, tomat, dan kubis. Ada juga petani yang menanam buah-buahan, seperti semangka dan melon.” Paman Joko menjelaskan dengan lancar.

”O . . . begitu. Selain itu, yang ditanam pada musim kemarau apa Paman?” tanya Desi lagi.

”Yang ditanam lainnya adalah palawija,  misalnya, kacang tanah, jagung, atau kedelai.

”Mengapa petani menanam sayuran dan  palawija pada musim kemarau, Paman?” tanya Desi.

Paman Joko pun menjelaskan, ”Hal itu karena tanaman sayuran dan palawija termasuk kurang cocok ditanam pada lahan banyak air. Namun, tidak berarti tanaman tersebut tidak memerlukan air.”

”Semua tanaman membutuhkan air. Namun, tanaman sejenis palawija dan sayuran hanya memerlukan pengairan pada saat-saat tertentu. Tanah tempat tanaman itu tumbuh tidak boleh basah atau tergenang air terus-menerus. Jika air sampai menggenang terus-menerus, akar atau batangnya dapat membusuk,” tambah Paman Joko.

B.     Mencatat Pokok-Pokok Pikiran

Pokok-pokok pikiran yang terdapat pada bacaan tersebut adalah sebagai berikut!

·         Pada musim penghujan, yang paling tepat adalah menanam padi.

·         Pada musim kemarau, para petani menanam sayuran atau buah-buahan.

·         Petani di desa Paman Danu juga ada yang menanam palawija.

·         Sayuran dan palawija ditanam pada musim kemarau karena termasuk tanaman yang kurang cocok ditanam pada lahan banyak air.

·         Kadar air yang diperlukan tanaman berbeda-beda.

 

Latihan 1

 

Suatu hari Pak Huda mengajak anak-anak ke sawah kemudian mereka membicarakan tentang kondisi sawah tersebut!

Mengolah Tanah Pertanian

Pak Huda  Berkata, “Anak-anak bisakah kamu melihat betapa suburnya tanah ini bukan! Padi-padi di sawah telah menguning. Padi-padi itu tidak tumbuh dengan sendirinya namun karena kerja keras para petani sehingga padi-padi ini bisa tumbuh subur. Bagaimana padi ini bisa tumbuh subur?”

Padi-padi ini bisa tumbuh subur karena petani di sini menggarap dengan cara memperhatikan intensifikasi pertanian yaitu dengan cara  :

1. Pengolahan Lahan

Caranya, lahan tanah yang akan ditanami padi diolah dulu dengan menggunakan bajak yang ditarik oleh kerbau atau menggunakan bajak yang bertenaga mesin yang disebut traktor.

2. Pemilihan Bibit yang Unggul

Jika akan menanam padi, perlu memilih bibit yang  unggul agar hasilnya kelak melimpah. Jenis padi yang populer adalah jenis IR 64, Ciherang dan Membramo hasilnya bisa melimpah. Padi ini bisa memiliki potensi hasil lebih tinggi dibandingkan dengan padi biasa. Padi ini dirancang berbatang kokoh tegak, daun tegak, tebal dan berwarna hijau tua. Anakan padi bisa mencapai 8-12 batang. Jumlah gabah permalai 350-400 butir. Umurnya sekitar 110-120 hari. Petani sebaiknya memilih bibit yang sudah bersertifikasi.

3. Pemupukan

Pada saat menanam padi pemupukan sangat penting karena pupuk dapat membantu pertumbuhan tanaman padi agar dapat tumbuh subur. Pupuk-pupuk yang dapat digunakan oleh petani antara lain:

a. Pupuk alami, contoh: Kompos, Guano

b. Pupuk buatan contoh: Urea, ZA (Zwalver Zurer Amania ), NPK ( Nitrogen, Fosfor, Ka-lium) KCI ( Kalium Klorida ).

Kedua pupuk tersebut memiliki keuntungan dan kerugian, maka para petani di sini menggunakan pupuk secara berimbang sesuai dengan anjuran dari Petugas Penyuluh Lapangan

4. Pengairan/irigasi

Pengairan sangat diperlukan, karena padi di sawah memerlukan air yang cukup. Irigasi di lahan persawahan pun dibuat secara teratur sehingga para petani dapat dengan mudah mendapatkan air untuk irigasi. Anak-anak perlu tahu? Tidak semua tanaman padi memerlukan pengairan yang cukup, ada padi dapat tumbuh subur di ladang dengan mengandalkan air hujan. Sistem pertanian yang mengandalkan air hujan disebut pertanian sistem gogorancah.

5. Pemberantasan Hama

Tanaman padi perlu dijaga dari serangan hama agar dapat tumbuh subur. Hama yang sering menyerang tanaman padi antara lain: tikus, wereng, ulat, dan gulma. Hama-hama tersebut dapat diberantas dengan obat-obatan seperti herbisida untuk membunuh gulma, pestisida untuk membunuh tikus, insektisida untuk membunuh serangga, dan fungisida untuk memberantas jamur tanaman.

Hasil padi yang melimpah ini, nantinya akan menjadi beras yang sangat diperlukan oleh penduduk Indonesia sebagai makanan pokok.

 

A.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan singkat!

1.      Apa penjelasan yang diberikan oleh Pak Harun?

2.      Mengapa tanaman padi Pak Harun dapat tumbuh subur?

3.      Sebutkan jenis-jenis padi yang kamu ketahui baik padi biasa maupun varietas baru!

4.      Sebutkan macam-macam hama tanaman padi?

5.      Di mana sajakah padi dapat tumbuh dengan subur?

6.      Berapa umur padi varietas baru dapat dipanen ?

7.      Untuk memberantas hama tanaman padi yang berupa gulma menggunakan apa?

8.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang pertanian dengan sistem gogorancah?

9.      Bagaimana cara membuat pupuk kompos?

10.  Apakah makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia?

B.     Catatlah pokok-pokok pikiran yang terdapat pada bacaan tersebut !

 

1.      Padi-padi dapat tumbuh subur karena petani menggarapnya dengan cara intensifikasi pertanian.

2.       .............................................................................. ................................................................................

3.       ...............................................................................

................................................................................

4.      ...............................................................................

................................................................................

5.      ...............................................................................

................................................................................

6.      ...............................................................................

................................................................................

 

C.     Menanggapi penjelasan narasumber dengan jawaban yang santun

Menanggapi penjelasan tidak boleh menyimpang dari pokok pikiran. Tanggapan yang berupa sanggahan atau pendapat sebaiknya disertai alasan yang masuk akal (logis). Berdasarkan penjelasan Paman Joko di atas, kita dapat memberikan tanggapan seperti berikut.

·         Menurut pendapat saya, padi juga dapat ditanam pada musim kemarau. Yang penting bukan musimnya, melainkan pengairannya. Meskipun pada musim kemarau, jika pengairannya bagus, padi dapat tumbuh subur.

·         Menurut pendapat saya, petani di daerah paman harus cermat dalam mengamati musim. Sawah tadah hujan hanya mengandalkan hujan saja dalam pengairannya. Salah menganalisa musim dapat menyebabkan hasil panen yang kurang memuaskan

 

Tugas 2

Buatlah 2 tanggapan dari bacaan yang berjudul “Mengolah Tanah Pertanian” di atas!

1.       ...............................................................................

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      ...............................................................................

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

Tabrakan di Abu Dhabi

 

Pada hari Selasa, 11 Maret 2008 terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan 200 mobil. Tabrakan yang terjadi di jalan raya antara Abu Dhabi dan Dubai, Uni Emirat Arab ini menewaskan tiga orang dan mengakibatkan 227 orang luka-luka. Dari gambar tersebut pasti kalian dapat membayangkan betapa besar kecelakaan itu. Coba bayangkan, bagaimana 200 mobil bertabrakan di jalan raya.

Api yang menyala dari tabrakan ini membumbung tinggi di angkasa. Asap hitam mengepul di atas langit kota itu. Tabrakan ini terjadi akibat kabut tebal yang menutupi kawasan itu.

Mungkin juga disebabkan kecepatan pengendara yang melebihi kecepatan normal. Akibatnya kecelakaan tak terelakkan lagi. Seandainya kecepatan tiap-tiap mobil normal, mungkin kecelakaan dapat diminimalkan.

Kecelakaan tersebut memberi pelajaran pada kita untuk lebih berhati-hati di jalan. Apalagi jika kondisi di jalan sedang tidak bersahabat, maka pengguna jalan harus lebih berhati-hati lagi. Selain menyelamatkan diri sendiri, kita juga dapat menyelamatkan nyawa orang-orang di sekitar kita.

 

Tanggailah pernyataan berikut!

Contoh :

1.      Kecelakaan tersebut memberi pelajaran pada kita untuk lebih berhati-hati di jalan.

Tanggapan : Menurut pendapat saya kita memang harus selalu berhati-hati berkendara di jalan. Keselamatan kita di jalan raya ditentukan oleh kehati-hatian kita sendiri.

2.      Sebanyak 200 mobil bertabrakan di jalan raya.

Tanggapan : ...........................................................

................................................................................................................................................................................................................................................

3.      Kecelakaan terjadi karena kabut tebal.

Tanggapan : ...........................................................

................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Kecelakaan mungkin juga disebabkan kecepatan pengendara yang melebihi kecepatan normal.

Tanggapan : ...........................................................

................................................................................................................................................................................................................................................

5.      Tabrakan menewaskan tiga orang dan mengakibatkan 227 orang terluka.

Tanggapan : ...........................................................

................................................................................................................................................................................................................................................

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...